Tetap jaga kesehatan, gunakan masker, dan segera lakukan vaksinasi untuk menghindari varian baru Covid -- selengkapnya...  

Potensi Sumber Daya Desa Wuwur

Anwar Pamuji | 07 Agustus 2022 12:00:00 | 69 Kali

Desa Wuwur memiliki luas wilayah 224,914 ha. Sebelah utara Desa Wuwur berbatasan dengan Desa Criwik, sebelah selatan berbatasan dengan Desa Punggungharjo, sebelah barat berbatasan dengan Desa Pancur, dan sebelah timur berbatasan dengan Desa Kedung. Desa Wuwur terdiri dari 10 RT yang mana dari keseluruhan wilayah memiliki kondisi topografi yang berbeda-berbeda, mulai dari datar hingga curam. Mata pencaharian masyarakat Desa Wuwur umumnya sebagai petani, wiraswasta, dan pedagang. Desa Wuwur memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan. Potensi inilah yang menjadi modal dasar yang nantinya dapat dikelola untuk kepentingan dan perkembangan desa. Beberapa poptensi dari Desa Wuwur yaitu sebagai berikut.

a. Potensi fisik

  1. Tanah

Masih banyaknya lahan bertanah di Desa Wuwur yang dapat diolah baik dari sektor pertanian maupun perkebunan. Dari sektor pertanian, umumnya masyarakat memanfaatkan untuk menanam padi, sayur-sayuran, tembakau, jagung, tebu, dan lain-lain. Sedangkan untuk lahan perkebunan sendiri masyarakat banyak menanam umbi-umbian, buah-buahan dan juga beberapa jenis pohon berkayu. Untuk lahan yang relatif luas seperti ladang, masyarakat umumnya menanam pohon jati karena dirasa memiliki nilai jual yang tinggi namun membutuhkan waktu panen yang lama. Kondisi seperti ini dijadikan sebagai tabungan keluarga di masa yang akan datang baik digunakan untuk menyekolahkan anak ataupun ada kepentingan lain seperti ada hajatan. Selain dari sektor pertanian dan perkebunan, banyak pula ditemukan pohon randu atau kapuk di sepanjang jalan Desa Wuwur. Disamping lahan bertanah yang dapat diolah, Desa Wuwur juga memiliki lahan lapang yang biasa digunakan masyarakat untuk berolahraga seperti kasti, sepak bola, dan voly.

  1. Peternakan

Disamping berprofesi sebagi petani, masyarakat Desa Wuwur juga memiliki ternak baik dari skala kecil sampai skala besar. Untuk yang skala kecil biasanya masyarakat memelihara ayam, kambing, itik, entok, sapi. Untuk ternak seperti kambing dan sapi biasanya masyarakat mencari pakan dari merumput di ladang, sengaja menanam rumput di pinggiran sawah, dan ada juga yang membeli pakan. Untuk ternak seperti ayam, itik dan entok apabila masih dalam skala kecil maka kandangnya masih dalam lingkup pekarangan rumah pribadi. Sedangkan untuk peternakan dengan skala besar di Desa Wuwur ini ada peternakan ayam. Terdapat 5 peternak yang sudah bermitra dengan PT Japfa sehingga dalam pemelihraan dan perawatannya sesuai dengan SOP peternakan yang bagus. Untuk peternak ayam yang sudah bermitra tersebut diantaranya ada Bapak Ruslan, Bapak Nawawi, Bapak Jaswadi, Bapak Samsuri, dan Bapak Sukirno.

  1. Pendidikan

Desa Wuwur sendiri memiliki beberapa fasilitas pendidikan yang dapat dibilang cukup lengkap. Untuk pendidikan formal di Desa Wuwur terdapat Paud, TK, dan SD. Sedangkan untuk pendidikan informal yaitu tersedianya pendidikan khusus agama islam seperti madrasah dan TPQ.

  1. Sumber Daya Manusia

Manusia memiliki peran penting dalam mengelola potensi-potensi yang sudah tersedia di Desa Wuwur. Pemerintah Desa Wuwur juga telah menyiapkan SDM yang memiliki kapasitas sesuai dengan bidangnya. Potensi sumber daya manusia yang dimiliki Desa Wuwur yaitu adanya bidan, kader posyandu, dan kader jumantik. Selain itu untuk usia remaja sampai dewasa di Desa Wuwur juga sering mangadakan kegiatan olahraga seperti kasti, voly dan sepak bola. Kegiatan tersebut selain sebagai sarana olaharaga juga dapat menjadi wadah bagi masyarakat untuk refreshing atau bahkan sebagai upaya untuk menyiapkan kader-kader menjadi atlet.

  1. Sumber Daya Ekonomi

Potensi sumber daya ekonomi yang dimiliki Desa Wuwur yaitu dari lahan-lahan pertanian perkebunan, peternakan, dan UMKM masyarakat seperti usaha keripik tempe, budidaya jamur, pedagang, penjahit, toko kelontong, mebel, bengkel dan lain-lain.

 

b. Potensi non fisik

  1. Kondisi masyarakat

Masyarakat Desa Wuwur masih memiliki nilai sosial, kebersamaan dan gotong royong yang cukup tinggi. Masyarakat umumnya saling membantu apabila terdapat tetangga yang memiliki hajat atau ada kegiatan kemasyarakatan lainnya yang sifatnya bersama.

  1. Lembaga sosial

Desa Wuwur memiliki beberapa lembaga masyarakat yang dapat memfasiliasi kebutuhan-kebutuhan masyarakat seperti adanya posyandu balita, posyandu lansia, PKK, dan karang taruna. Untuk saat ini Desa Wuwur masih dalam proses untuk optimalisasi posyandu remaja.

 

c. Potensi yang dapat dikembangkan

  1. Limbah peternakan dan pertanian

banyaknya masyarakat Desa Wuwur yang berprofesi sebagai etani dan peternak hal ini tidak menutup kemungkinan adanyan banyak limbah yang dihasilkan. Misalnya dari sektor pertanian adanya limbah bongkol jagung, limbah jerami, limbah tebu, dan lain-lain. sedangkan dari sektor peternakan limbah yang dihasilkan sebagian besar yaitu dari kotoran yang dihasilkan. Apabila limbah-limbah tersebut tidak dikelola dengan baik maka dapat menimbulkan masalah baik masyalah sosial ataupun kesehatan. Sehingga hal ini merupakan salah satu sumber potensi yangdapat dikembangkan lebih lanjut untuk dapat dijadikan sebagai pupuk organik. Dengan pembuatan pupuk organik ini memiliki beberapa keuntungn diantaranya dapat mengurangi limbah yang ada, biaya pembuatan relatif murah, mudah untuk dilakukan, bahan baku untuk pembuatan tersedia banyak. Selain itu, kandungan unsur mikro dari pupuk organik juga lebih lengkap dibandingkan dengan pupul anorganik, pupuk organik mampu berperan memobilisasi unsur hara yang sudah ada di tanah sehingga akan mudah untuk diserap oleh akar tanaman.

  1. Kesenian dan Budaya

Dalam bidang kesenian di Desa Wuwur masih adanya hadroh yang sering dimainkan oleh anak-anak muda. Untuk budaya Desa Wuwur yaitu terdapt sedekah bumi yang mana dalam acara tersebut dimaksudkan sebagai bentuk rasa syukur kepada bumi yang telah memberikan rezeki berupa hasil bumi untuk keberlangsungan hidup manusia. Dalam acara sedekah bumi biasanya diisi dengan acara lomba, hiburan, dan pengajian. Selain itu, budaya di Desa Wuwur ini juga terdapat bagi bancakan. Kegiatan tersebut juga merupakan ungkapan rasa syukur misalnya setelah sapi yang dimilikinya beranak.

 

 

cr : KKN PPM UGM 2022 - Adrika

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Aparatur Desa

Back Next

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : WUWUR RT 05 RW 02
Desa : WUWUR
Kecamatan : PANCUR
Kabupaten : REMBANG
Kodepos : 59262
Telepon :
Email :

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung